The Hole (2009)

Director: Joe Dante
Starring: Chris Massoglia, Teri Polo, Haley Bennett, Nathan Gamble

 

Joe Dante (Gremlins) akhirnya kembali ke layar lebar setelah sekian lamanya ia vakum (atau malah sedang mengumpulkan ide untuk film ini??) dari kancah perfilman. Dan comeback movie-nya adalah The Hole. Film bergenre horror/thriller yang berprotagonis 2 anak remaja dan seorang anak kecil. Kedengaran tidak menjanjikan? Okay, let’s just start with the story first…

Dane (Chris Massoglia) bersama dengan adik (Nathan Gamble) dan ibunya (Teri Polo) pindah ke sebuah kota kecil setelah terjadi sebuah konflik di sekolah Dane yang memaksanya untuk pindah atau tetap tinggal disana dengan menanggung masalah di sekolahnya. Di tempat tinggalnya yang baru, Dane ‘naksir’ Julie (Haley Bennett) yang merupakan a-girl-next-door. Dan setelah serangkaian kejadian, Dane dan adik lelakinya yang bernama Lucas dengan tidak sengaja menemukan sebuah lubang tua yang tidak berdasar di basement rumah barunya tersebut. Setelah menyelidiki lubang tersebut, sesuatu yang aneh dan berbau supernatural sepertinya hidup didalam lubang tua tersebut. Yang akhirnya, membawa Dane, Lucas dan Julie ke perjalanan membasmi whatever’s lying there in the hole.

Plot yang benar-benar sudah tidak asing lagi di telinga para moviegoers terutama para pecinta film horror ini memang sempat membuat para kritikus film pesimis mengenai kemampuannya untuk menghibur atau membuat kaget para moviegoers yang memang kebanyakan telah bisa menebak kelanjutan dari sinopsis The Hole. Ya, kedengaran sangat tidak menjanjikan di zaman dimana seluruh film horor atau thriller berusaha untuk membuat plot yang tidak bisa ditebak oleh kebanyakan orang. Well, that’s kinda a hard thing to do. Film ini mungkin hampir mirip Gremlins juga dengan alur cerita yang simple dilengkapi dengan para aktor-aktor muda yang mendominasi layar. Tapi ini film Joe Dante. Ia adalah seorang visioner. Dan film-filmnya yang telah lalu menampilkan sifat visioner-nya tersebut. Okay, first, jangan harap inti dari film  ini adalah hal-hal yang berbau supernatural yang hidup di lubang tua di basement rumah Dane dan keluarganya. Sebuah twist yang cukup keren menerbangkan potensi ini lebih dari potensi film-film horor biasa. Second, style The Hole yang ringan dan sangat lemah dalam adegan gory membuat film ini dapat diakses oleh semua orang dari segala usia. Finished?

Massoglia dan Gamble terlihat paling dominan diantara para anggota cast yang lain di film ini. Sedangkan Bennett dan Polo lebih terlihat sebagai karakter cardboard yang sayangnya tidak dimanfaatkan lagi untuk membuat film ini lebih bagus. Well, I guess that’s all I can say about the cast.

Style komikal Dante yang digunakan dalam Gremlins dan film-film-nya yang lain juga tidak digunakan oleh film ini secara maksimum. Hal ini juga cukup fatal karena film ini menjadi terlihat sangat mediocre tanpa style khas Dante tersebut.

Overall, The Hole is a pretty enjoyable light-horror flick that can be enjoyed by the whole family!

3 STARS

  1. thereelrant posted this